Berita Terkini

Kenapa debu dan habuk selalu ada di rumah kita?

Tidak peduli seberapa kerap orang membersihkan sesuatu tempat, debu selalu datang balik lagi, dan membuat orang jadi bingung bagaimana caranya terbebas dari pengganggu itu.

Kini, para peneliti telah menciptakan model baru komputer untuk menjelaskannya!

Mereka mendapati kebanyakan debu berasal dari luar rumah dan datang melalui udara, bukan menempel di sepatu manusia, setidaknya demikian lah yang terjadi di sekelompok rumah di Midwester Amerika Serikat.

Bukan hanya menjawab keingin-tahuan warga, model komputer tersebut dapat membantu masyarakat memperkirakan cara terbaik untuk membersihkan tempat sampah yang tercemar, yang mengeluarkan partikel yang dapat berakhir pada debu, demikian laporan penulis LiveScience Rachael Rettner di laman livescience.com, Sabtu.

Debu di dalam rumah adalah campuran benda yang menjijikkan, termasuk sel kulit mati, minyak, partikel udara kecil dan bahkan bahan beracun, seperti timah dan arsenik, yang mungkin berasal dari tempat sampah yang tercemar.

Guna memperkirakan bagaimana penyebab pencemaran semacam itu menumpang partikel debu ke dalam rumah, para peneliti di University of Arizona mengubah kehidupan setiap hari penimbunan debu menjadi serangkai persamaan matematik untuk membuat satu model komputer.

Meskipun para peneliti lain mempelajari dasar debu, banyak kajian seperti itu semata-mata dipusatkan pada partikel kecil udara yang dapat menyusup jauh ke dalam paru-paru manusia. Pasukan Universiti Arizona itu juga meneliti partikel yang lebih besar, yang masih dapat memperolehi udara, tetapi lebih mungkin untuk menempel ke tangan dan dapat ditelan oleh anak-anak.

Model tersebut meliputi banyak faktor yang memantau berapa banyak debu berada di rumah orang. Misalnya, jumlah tanah yang menempel di dalam tergantung atas berapa jumlah orang tinggal di satu rumah, dan berapa kali mereka berada di luar rumah.

Selain itu, berjalan di dalam rumah dapat menyingkirkan debu dari lantai dan karpet dan menyebarkannya ke daerah baru di dalam rumah. Dan kegiatan membersihkan, seperti dengan menggunakan vakum pembersih dan penyedut debu, dapat menghilangkannya.

Berikutnya, mereka menguji dan mengabsahkan data yang digunakan model mereka dan dikumpulkan oleh U.S. Environmental Protection Agency dari rumah-rumah di Midwest.

Model tersebut mungkin bermanfaat bagi masyarakat yang menangani pembersihan tempat sampah yang menyimpan bahaya.

"Sangat sulit untuk memperkirakan seberapa sering anda perlu membersihkan tanah untuk melindungi orang di dalam rumah anda," kata peneliti kajian tersebut, Paloma Beamer, dan pembantu profesor di College of Public Health, University of Arizona.

"Jadi model ini akan membantu mengidentifikasi apa tingkat yang sesuai untuk membersih tanah," katanya.

Selain itu, jika model tersebut mendapati, sebagaimana yang terjadi buat warga di Midwest, bahawa sebahagian besar bahan pencemar datang melalui udara, itu akan menunjukkan bahawa awak kebersihan mungkin lebih baik memikirkan cara mencegah tanah menjadi udara, dan bukan berusaha membersihkan tanah dari tempat tersebut, yang nampaknya akan memicu kedatangan lebih banyak debu, kata Beamer.



Sumber - Antara News

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Terima kasih :)

Kategori

Air terjun (9) Ajaib (22) Al-Hadits dan Sains (2) Alam sekitar (11) AlQuran dan Sains (38) Angkasalepas (51) Animasi GIF (3) Antik (8) Aqidah (13) Arkeologi (21) Astronomi (47) Bala bencana (42) Batu kalimah (4) Batu permata (23) Biar betul (113) Biologi (2) Bionik (4) Budaya (5) Cinemagraph (3) Dajjal (2) Download (1) Duit (37) Duit Kertas (15) Duit Syiling (25) Dunia Hiburan (129) Ekonomi Dunia (20) Ensaiklopedia (55) Foto (345) Freemason (2) Freeware (3) Gempa bumi (7) Geologi (6) Gerhana bulan (1) GIF animation (3) Grafik 3D (3) Halimunan (3) Hamas (8) Hantu (79) High speed video (6) Iblis (13) Illuminati (27) Imam empat mazhab (5) Indeks batu permata (1) Indeks duit (2) Indeks kad telefon (1) Indeks sampul duit raya (1) Indeks setem (1) Internet (94) Jalan-jalan (56) Jenayah (121) Jin (62) Kad telefon (3) Kamera (21) Kamera digital (16) Kata-kata hikmah (28) Kemalangan (58) Kematian (55) Kesihatan dan Perubatan (202) Ketenteraan (46) Kiamat (7) Kisah akhir zaman (2) Klasik (61) Kristologi (58) Landskap (111) Makanan dan minuman (17) Makro (6) Manipulasi Foto (6) Metafizik (6) Misteri (59) Motivasi (34) Muzium mini (65) Paleontologi (1) Palestine (50) Paranormal (74) Penggodam (23) Perang (31) Perkahwinan (22) Pernikahan (18) Perubatan Islam (4) Polis (9) Politik (132) Politik dunia (49) Puisi (6) Rekod (102) Robotik (27) Sains (60) Sampul duit raya (5) Scam (5) Sedih (46) Sejarah (29) Sejarah Islam (16) Sejarah kuno (4) Selebriti meninggal (12) Seni (6) Seni beladiri (1) Senibina (21) Serangga (15) Sukan (43) Syiah (15) Syirik (1) Syria (41) Teknologi (247) Teknologi Nano (8) Teori konspirasi (181) Time lapse (39) Timur Tengah (177) Tumbuhan (37) UFO (39) Ulama meninggal dunia (2) Video (335) Wallpaper Islamik (40) Yahudi (10) Zionis (20)

Unikversiti Designed by Templateism.com & Copy Blogger Themes

Imej tema oleh blue_baron. Dikuasakan oleh Blogger.